Rabu, 20 April 2016

Petani Bongoskenti Sulap Rosokan Sanyo Menjadi Penyawur (Pengolah) Gabah.


Bongoskenti- Perubahan musim yang terjadi saat ini cukup merepotkan bagi para petani untuk menentukan akan menanam padi atau palawija. Kalau tidak pas waktu dan jenis tanamannya akan menyebabkan kegagalan alias rugi segalanya, alias tidak panen.

Dengan upaya dan doa  pada saat ini Petani Bongoskenti telah dan sedang panen padi. Namun karena cuaca dan musim ekstrim, tiba-tiba hujan lebat, dan tidak ada angin. Petani kesulitan mengolah gabah.

Hal seperti di atas pada waktu ini sering kali dialami oleh petani. Sedemikian halnya dengan Para Petani Bongoskenti tentunya harus pandai memutar otak untuk mensiasati musim dalam mengolah padi.

Akhirnya diketemukan juga alat mengolah (Menyawur) gabah. Petani Bongoskenti menggunakan Rosokan Sanyo (pompa air) yang diberi kipas untuk menghasilkan angin. Dengan hasil ciptaan alat sederhana ini Petani Bongoskenti tidak repot-repot lagi harus Menyawur di sawah. Cukup menyawur di samping rumah. Eyub, tidak kepanasan, waktu hujanpun bisa dikerjakan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Pos Lansia Pedukuhan Bongoskenti di Awal Tahun 2024

9 Januari 2024 Giat Pos Lansia Rejo Sehat Pedukuhan Bongoskenti Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yog...