Selasa, 20 Oktober 2015

Tim TPK Pedukuhan Bongoskenti Selenggarakan Diklat Peyek Pletre dan Peyek Tumpuk


Angka konsumsi peyek di Indonesia selama tahun terakhir ini terus naik, menunjukan bahwa peyek merupakan salah satu alternatif makanan camilan  yang diminati masyarakat.

Melihat peluang ini, Tim TPK Pedukuhan Bongoskenti bekerjasama dengan Pemerintah Desa Murtigading sanden  menggandeng warga Bongoskenti untuk membuat inovasi baru peyek pletre, peyek tumpuk, peyek cabe dan telor asin. Sebab, hasil pertanian, cabe melimpah dan saat ini harganya anjlok.  Warga Bongoskenti berwirausaha memanfaatkan hasil pertanian dan telah menghasilkan aneka olahan makanan camilan peyek.

Acara dibuka oleh Kepala Dukuh Suhardi mewakili Lurah Desa Murtigading. Sebelumnya menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta pelatihan dan pengunjung.



Rupanya warga yang tergabung dalam binaan TPK Pedukuhan Bongoskenti sudah memerhatikan higienitas, tata cara pengolahan bahan pangan, bahkan pengemasan produk yang baik dan benar agar kualitas produk olahan ikan mereka terjaga.
Untuk memerluas usaha warga Pedukuhan Bongoskenti, TPK Bongoskenti menggelar pelatihan pembuatan peyek pletre/tumpuk dan telor asin. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 19-22 Oktober 2015, Sebanyak 25 warga mengikuti pelatihan dan langsung praktek di rumah  kepala Dukuh.

Menurut Noor Arifah, S.Pd sebagai Nara Sumber Teknis pelatihan, warga Bongoskenti sudah trampil dalam pembuatan peyek dan mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan produk dan pengemasan yang baik dalam proses produksi dan pengolahan bahan pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Pos Lansia Pedukuhan Bongoskenti di Awal Tahun 2024

9 Januari 2024 Giat Pos Lansia Rejo Sehat Pedukuhan Bongoskenti Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yog...