Sabtu, 13 Agustus 2016

Sosialisasi STBM dan Bantuan MCK Desa Murtigading di Bongoskenti

Bongoskenti - 13/8 Desa Murtigading selenggarakan Program Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Pedukuhan Bongoskenti. Kegiatan ini sebagai kelanjutan Bantuan Pembuatan MCK bagi 2 warga yang belum memiliki MCK (Mujiyono dan Boniyem) di Bongoskenti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penanggungjawab Program Desa Murtigading Drs. Sutrisno, Narasumber dari Puskesmas Sanden dan 50 peserta sosialisasi dari warga Pedukuhan Bongoskenti.
 
Narasumber dari Puskesmas Joko menerangkan tentang STBM. STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM terdiri dari 5 pilar:
1. Stop buang air besar sembarangan;
2. Cuci tangan pakai sabun;
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Sedangkan Ibu Indah dari Puskesmas menyampaikan tentang Penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan dari perilaku warga tidak hidup sehat dan bersih.

Peserta sosialisasi Pedukuhan Bongoskenti merasa puas dengan materi yang disampaikan dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Desa Murtigading dan Narasumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pokmas Pengelola Sampah Pedukuhan Bongoskenti Ikuti Apel Kader Peduli Sampah

20/11/2021. Bertempat di Balai Kalurahan Murtigading sejumlah Pokmas Pengelola Sampah Pedukuhan Bongoskenti ikuti Apel Kader Peduli Sampah d...