Sabtu, 02 April 2016

Potensi Pedukuhan Bongoskenti


Setiap wilayah pastilah memiliki potensi sendiri-sendiri. Pedukuhan Bongoskenti Desa Murtigading tentunya juga memiliki potensi  sendiri.

Menurut Cahyadi Joko Sukmono selaku sekjen ABDSI ( Assosiasi Business Development Service Provider) asosiasinya konsultan dan lembaga pendamping business UMKM), bagian penting dalam pengembangan ekonomi desa adalah melakukan pemetaan potensi Desa tersebut. Apa saja sumber daya yang dimiliki, bagaimana model peluangnya, dan apa saja tantangannya.

Sabtu, (02/04/16)  Desa Murtigading mencoba melakukan pemetaan potensi tersebut. Bersama Bpk. Cahyadi Joko Sukmono dan Tim LUDENS yang fokus pada pengembangan Desa Wisata, Relawan Desa Murtigading mengidentifikasi potensi yang ada di Desa Murtigading dan mengelompokkannya dalam beberapa kategori. 
Dari kegiatan ini muncul hal-hal baru yang selama ini kita abaikan dan dianggap sebagai hal biasa. Seperti Masjid Kuno Pucanganom, Hamparan sawah yang luas yang dilengkapi dengan irigrasi yang unik dari gejlik pitu, berbagai macam kerajinan dan UMKM, karena ternyata potensi itu sebenarnya biasa kita lihat, dekat dengan kita, namun tersembunyi.
Untuk mengangkat itu semua perlu adanya nilai tambah yang bisa dikembangkan. Potensi tersebut diolah, dikemas, sehingga bisa dijual. Rudy Suharta, SIP, MM. selaku Pj. Lurah Desa Murtigading Sangat mendukung kegiatan ini. Ia berharap adanya tindak lanjut yang realistis untuk mengembangkan Desa Murtigading kedepan.

Potensi yang ada di Pedukuhan Bongoskenti :
1. Sungai yang mengalir Jernih di Bongoskenti
2. IPAL Komunal Sanitasi Sehat Lestari
3. Situs Kyai Sandi Cikal bakal Sanden
4. Pondok Pesantren Al-Furqon
5. Produk Peyek Pletre dan Telor Asin Bongoskenti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Pos Lansia Pedukuhan Bongoskenti di Awal Tahun 2024

9 Januari 2024 Giat Pos Lansia Rejo Sehat Pedukuhan Bongoskenti Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yog...